Laman

Kamis, 26 Oktober 2023

Naik ke Mang Ade Puncak

21 oktober 2023

Udah berapa kali weekend jadwal masuk kerja. Sabtu ini pas banget libur, eh ngga ada acara di grup kawanan liar atau di GJ. Udah colek colek ngajak gowes, ternyata ada acara bike camp tapi berbayar. Kebetulan lagi ngga ada duit. Akhirnya berharapa ada yang menanggapi aja. Om Triadi merespon, juga mengirimkan lokasi tujuan di daerah puncak. Malam hari jum'at beliau tanya lagi di group, "gowes kemana besok?". Saya respon pagi, Mang Ade Puncak. Beliau langsung mengiyakan, bilang ketemu di tugu kujang.

Sedikit kaget sebenarnya dengan respon om Triadi. Tapi oke, saya sih santai dulu deh. Butuh waktu kan jalan dari depok. Sampai tiba dikabari beliau sudah di pajajaran. Wah, untuk aja sepeda sudah saya siapkan, tinggal gowes aja. Prediksi saya beliau sampe di tugu kujang 15 menit lah . Dan saya paling cepet 30 menit. Itu pun harus ngebut. Jadi saya segra berangkat, dengan sepeda revolt besi. Sedikti berusaha, sampai di tugu kujang jam 8 kurang.

Perjalanan ke Mang Ade dimulai, kami sama sama perdana. Beliau sudah lama tidak gowes katanya, jadi gowesnya slow pace. Bagus sih buat saya, biar saya ngga buru buru dan keram duluan. Sebenernya gowes santai tuh bikin rileks mantap.

Memasukin Tajur, saya melihat ban om Triadi kempes. Menurut beliau sudah dipompa berarti bocor halus. Coba cari cari tambal ban, ketemu tepat sebelum di jembatan atas tol Bocimi. Tapi ditolak, tukangnya bilang tidak bisa. Sampai ketemu lagi tukang tambal ban sebelum lampu merah gadog, tapi tidak ada orangnya. Akhirnya jalan lagi dengan ban yang sudah di pompa.

Melewati lampu merah ciawi, vibe mulai beda. Disisi ini sudah wisata vibenya, berikut dengan aktivitas komersilnya. Jalan padat hingga macet sejak mau raya puncak. Gowes perlahan dan sesekali berhenti untuk menurunkan HR om Triadi. Ada wisata baru untuk keluarga namanya Minimania. Lokasinya dekat sekali dari lampu merah gadog. Pilihan tepat buat yang tidak mau berlama lama macet.

Saya melaju duluan untuk mencari ATM. Antri sekali di alfamart ini. Penuh turis lokal mengisi akhir pekan berlibur. Cuaca terik mengharuskan minum lebih banyak. Saya berhenti di warung depan pom bensin sambil menunggu. Eh tapi apa mungkin beliau sudah melewati saya. Benar, sudah lewat dairyland beliau. Saya bernagkat lagi sampai bertemu beliau. Sampai di Cimory mountain view yang kini namanya juga dairyland juga tidak ketemu. Karena panas, saya berteduh sekaligus menikmati snack keladi yang saya bawa dari rumah.

Komunikasi kami selalu delay, karena om Triadi menggunakan battery saver sepertinya. Bila  hape tidak dibuka, maka data mati. Jadi pesan yang dikirim tidak langsung bisa beliau tau. Menunggu di trotoar mengistiraharkan kaki yang mulai terasa. Agak konyol sih, beliau menunggu di Holland bakery, saya tidak lihat sama sekali. Jadi saya yang menunggu beliau lewat.

Tidak heran cuaca makin terik. Sudah adzan zuhur, saatnya mencari masjid. Saya arahkan ke masjid pinggir jalan sebelah kiri yang tidak ada temboknya. Masjid bernuansa putih yang berdisain terbuka. Masih beberapa km lagi masjid tersebut, harus melewati taman safari dulu.

Beliau ini sedang tidak 100% ternyata. Mau cari teh manis hangat biar ngga haus terus katanya. Coba tanya di warung ternyata tidak ada. Yang pasti ada sih rumah makan , sekalian makan siang. Saya pesan ayam bakar di rumah  makan padang ini. Om Triadi makan pun tidak habis, cuma lauk dan nasi sediki tyang dimakan. Abis diare bikin beliau sedikit malas makan

Disaat lelah berkegiatan, shalat itu menjadi dambaan untuk sekalian beristirahat. Refresh energi. Kami shalat bergantian, saya dulu. Giliran saya berjaga sepeda, saya tertidur di kursi depan masjid. Udara yang sudah mulai sejuk dan kelelahan gowes dilengkapi kenyang nasi padang menjadikan tidur singkat saya nikmat sekali.

Semenjak tengah hari sudah  mulai para pesepeda turun dari atas dari masing masing asalnya. Saya sempat menyapa kawan dari R3 yang sedang turun berdua. Sempat menyampaikan ide untuk mencari tujuan lain karena menimbang kondisi om Triadi. Tapi tanpa gentar dan keteguhan, beliau mau sampai tujuan. Beberpa kali beliau menyarankan saya jalan duluan, tapi saya tolak dengan dalih menahan saya dari gowes terburu buru. Nanti bila sudah di gunung mas, baru saya akan gas duluan. Gowes, bukan gas.

Makin keatas jalan makin lenggang. Semenjak banyak tempat wisata dibawah. Yang sampai ke puncak menurut saya makin sedikit. Dibandingkan sebelumnya secara rasio. Kecuali saat high season sepertinya. Area puncak terasa jauh karena macet. Didominasi anak muda, karena relatif murah dan simple. Tidak perlu masuk area wisata, tinggal pilih warung terus jajan.

Tiba di gunung mas, depan tulisan rest area gunung mas puncak Bogor jam 14. Saya jalan duluan sampai ke Mang Ade. Dengan kecepatan yang lebih cepat. Sesuai dugaan, saya banyak berhenti karena lelah. Di area kebuh teh, tanjakan tidak terjal, tapi memang panjang karena dibuat landai. Saya sempatkan juga beli batagor yang ternyata tinggal somay.

Udara sejuk sangat memuaskan. Apa yang saya cari di masa masa kering ini kesampaian. Menikmati udara segar puncak. Didampingi asap kendaraan selama perjalanan.Tiap berhenti selalu cek jarak. hampir tiap tanjakkan berhenti minum dan istirahat. Tubuh sudah overheat, mulai gampang naik HRnya. Mungkin, karena tidak pakai device penghitung Hr. Gowesan gowesan lelah saya mengantarkan saya ke Mang Ade jam 15.32. 90 menit dari gunung mas dibawah.

Udara dingin puncak makin terasa di Mang Ade. Saya cuma numpang duduk depan warung menunggu Om Triadi. Menikmati udara segar dan menyaksikkan kendaraaan lalu lalang. Berdiam diri seperti ini membuat tubuh lebih cepat dingin dan kedinginan. Akhirnya saya pesan teh hangat karena om Triadi tidak kunjung datang. Jam 16.18 akhirnya om Triadi sampai di Mang Ade. Salut dengan keteguhan beliau. Bilamana saya sendirian, mungkin saya sudah putar balik. Perjalanan yang memakan waktu panjang. hampir 8 jam untuk saya.

Untungnya saya sudah beli somay di kebun teh tadi. Niat awal saya yang ingin makan di Mang Ade, urung saya realisasikan. Kebetulan om Triadi tidak bawa uang lagi , tidak mungkin dong saya makan sendirian hehehe. Harga makanan yang kabarnya tidak worth it menggagalkan rencana saya untuk makan disini.  Cukup gorengan dan pisang kami nikmati di udara dingin puncak, istirahat bersandar di kursi plastik menyaksikkan tayangan politik di tv.

Jam 17 kami memutuskan untuk turun. Suasana yang lebih gelap dari seharusnya membuat saya sedikit risau. Ini pasti dingin turun jam segini. Gumpalan kabut terlihat tipis dipandangan saya. Melaju turun, saya mengatur rem untuk lebih kuat lagi. Lebih baik lambat tapi lebih aman. Kebawah kabut makin tebal, jarak pandang berkurang. Berhenti dulu pasang lampu depan belakang. Menembus udara dingin, terasa rintikan air khas hujan kabut. Sempat berhenti tepat sebelum masjdi Attaawun. Terlalu dingin, kaki saya mengigil, tidak ada pilihan selain cepat sampai bawah. Saya tidak mau kehujanan di kabut seperti ini.

Sampai gunung mas hujan makin banyak, kami berhenti untuk memakai jas hujan. Jas hujan plastik yang ada di tas saya semenjak terakhir diapakai saat ke citiis ternyata sudah lapuk. Bagian lehernya sudah koyak dan membuka celah di bagian dada dan punggu atas. Yah tetap pakai saya daripada polosan. Turunan panjang dan curam memaksa rem sepeda bekerja terus sepanjang jalan. Rem semakin saya kencangan pengaturannya. Sampai roda berputar seret.

Perjalanan pulang ini saya di depan, tidak mungkin melesat jauh juga sih karena sepeda tidak mumpuni di trek turunan panjang seperti ini ditambah basah hujan. Hari berganti malam, adzan maghrib berkumandang. Perjalanan kami terbilang lancar hanya terhambat di beberapa titik jalan yang sempit tidak menyisakan jalan di sebelah kiri. Saya berhenti di masjid Pasar Cisarua . Menunggu Om Triadi yang dibelakang. Kami shalat dulu. Di masa yang penuh resiko seperti ini, shalat lah dulu. Tiap saat sih harusnya memang shalat lah bila sudah masuk waktu.

Keluar dari masjid setelah shalat, saya menyaksikkan pemandangan yang menyentuh. Berjajar rapih di display makanan. Ukurannya besar besar, jarang loh batagor menggunakna ukurang kulit pangsit yang besar gini. Ingin rasanya makan dulu, tapi lebih baik makan dirumah. Baju sudah basah kuyup pula, semakin lama berhenti bisa masuk angin nanti. Di pasar ini ternyata ada beerapa jualan batagor. Lain kali deh, beli kalo kesini lagi.

Jalan pulang cukup lancar, ada kepadatan di beberapa titik tapi tidak berpengaruh kepada gowesan santai kami. Enaknya jalan pake sepeda tuh, macet kadang menjadi teman. Membuat lambatnya sepeda begitu berarti. Kami berpisah di flu over BORR. Saya belok kiri, Om Triadi lanjut pulang ke depok. Bila tidak basah kuyup mungkin saya kawal lebih jauh lagi.

Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Gowesnya puas, udara dinginnnya tercapai. Benar-benar definisi nasehat perjalanan ini. Bila mau jalan cepat, jalanlah sendiri. Bila mau berjalan jauh makan berkelompoklah.