Laman

Senin, 30 Maret 2020

Lokasi Dibatasi #COVID19

Dibatasinya perbatasan Jakarta nampaknya bukan lagi sebuah isu. Kabar akan pelaksanaan hal ini sudah amat nyata dengan informasi yang beredar yang mana hal ini akan dibahas bersama Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, LBP. Video ditutupnya jalur tol menuju Jakarta juga menjadi perbincangan hangat digrup grup media sosial.

Berita dari Kumparan menyebutkan hari ini 30 Maret 2020 akan ditentukan apakah Jakarta akan ditutup atau tidak. Polisi juga sudah latihan apabila memang diperintahkan. Polisi sudah siap untuk menutup jalur utama sampai jalur perkampungan.

Keputusan yang tidak mudah bagi pemerintah. Apalagi Jakarta sebagai pusat kegiatan di negara ini. Banyak yang anak berdampang, apalagi kepada commuter yang tiap harinya pulang pergi karena masih harus bekerja. Beruntung saya pribadi sudah pindah kembali ke Jakarta sejak tahun lalu. Sebelumnya PP Bogor. Bila penutupan terjadi ketika saya masih PP, tentu saja keputusan harus diambil. Tapi tidak dengan rekan lain, ada banyak yang harus PP keluar Jakarta. Seperti ke Depok, atau Bekasi, Tangerang juga. Mungkin mereka harus mencari tempat sementara di Jakarta, tapi bagi mereka yang punya anak? Berat pertimbangannya. Mungkin anak bisa dibawa pindah, tapi mereka yang menggunakan jasa pengasuh? atau anak anak dirawat oleh nenek kakek nya? Semua pilihan ini sulit. Memaksa penguasa harus menentukan prioritas.

Apapun pilihannya, semoga para pengambil keputusan ini sudah memikirkan matang hingga ke detail terkecil. Jangan sampai ada yang kelaparan. Atau terpaksa jalan kaki karena tidak ada transportasi. Hingga menimbulkan korban jiwa seperti di India. Tentu kita paham, penegak hukum di negeri ini tidak sekasar disana. Lebih sering terlihat sisi humanis di mata masyarakat. Semoga Pandemik ini cepat berlalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar